Rabu, 06 Agustus 2014

Inilah Phobia karena Teknologi



Fobia atau ketakutan akan sesuatu memang sangat beragam, mulai dari fobia ketinggian, tempat gelap sampai dengan yang sangat unik dan dirasa aneh yaitu fobia terhadap karet gelang. Namun dari semua fobia tersebut, ada beberapa fobia yang berkaitan dengan teknologi. Berikut adalah beberapa contoh fobia terhadap teknologi.

Nomophobia

Nomophobia adalah perasaan ketakutan (phobia) yang tiba-tiba muncul ketika anda tidak bisa mengakses kontak yang terdapat di telepon seluler. Baik itu karena daya baterai habis, tidak ada sinyal, atau kehilangan ponsel. Nomophobia, no-mobile-phone-phobia. Sederhananya adalah rasa takut kehilangan telepon genggam.

Cyberphobia

Cyberphobia, mendengar namanya, mungkin anda sudah tahu apa maksudnya. Cyberphobia adalah kelainan psikologis dengan rasa takut terhadap komputer, atau bahkan alat-alat teknologi modern terbaru, termasuk internet. Phobia ini pertama kali diketahui pada tahun 1985.

Telephonophobia

Telephonophobia ini hampir sama dengan Nomophobie. Bedanya adalah apabila Nomophobia merupakan ketakutan bila tidak membawa perangkat mobile, Telephonophobia ini adalah ketakutan untuk menerima atau melakukan panggilan dengan menggunakan telepon.

Selfiephobia

Selfiephobia adalah ketakutan untuk mengambil foto diri sendiri dan mengunggahnya ke internet karena merasa nantinya foto-foto dirinya itu akan disalahgunakan oleh orang lain untuk tujuan yang tidak baik. Selain itu, orang-orang yang mengidap fobia Selfiephobia ini juga merasa kurang percaya diri dan merasa dirinya tidak fotogenik.

Technophobia

Technophobia atau ketakutan akan teknologi dapat dikatakan sebagai kakek buyut semua fobia teknologi yang ada. Orang-orang yang mengidap fobia ini akan merasa takut dengan perkembangan teknologi.
Nah, apakah Anda salah satunya ?

0 komentar:

Posting Komentar