Sabtu, 26 Juli 2014

Yuk,Cek Nomor IMEI Handphone Kita

Perkembangan dunia teknologi informasi saat ini medorong kita untuk menggunakan handphone. Bahkan demi kenyamanan dalam penggunaan tak hanya menggunakan satu jenis HP saja. Saat kita membeli HP baru kita mengenal istilah IMEI. Biasanya counter memberikan IMEI ini sebagai tanda bukti keaslian produk yang kita beli. Namun, tak banyak yang tau apaitu IMEI. IMEI kepanjangan dari International Mobile Station Equipment Identity. IMEI terdiri dari 15 digit angka. IMEI membawa informasi tentang ponsel yang bersangkutan seperti pabrik pembuat ponsel, model ponsel, dsb. Anda bisa cek IMEI ponsel Anda dengan menekan kombinasi *#06# pada tombol panggil.

Jika melihat singkatan tersebut harusnya setiap produk ponsel yang dikeluarkan pabrik memiliki IMEI yang berbeda-beda sesuai kode yang dikeluarkan dari pabrik. Namun, kenyataannya tidak banyak produk ponsel yang memiliki IMEI sama. Kadang ada ponsel china yang memiliki IMEI seperti nokia. Kemudian apa sebenarnya IMEI ini? IMEI bertujuan bagi operator selular ingin memberikan paket promosi akan bisa tepat sasaran karena setiap produk memiliki karakteristik IMEI yang berbeda. Kemudian manfaat yang lain adalah untuk unlock atau iject ponsel yang telah memiliki paket tertentu dan yang lebih penting adalah saat ponsel anda hilang bisa langsung menghubungi operator yang anda gunakan untuk memblokir IMEI tersebut sehingga ponsel tersebut tak dapat lagi digunakan walaupun diganti kartunya.

Bagaimana cara ngecek IMEI ?

Cara untuk mengetahui IMEI anda asli atau tidak sebenarnya sangat mudah,

1. Lihat IMEI dibelakang HP anda yang berjumlah 15 digit



2. Masuklah ke situs http://www.numberingplans.com/
3. Jika sudah masuk halamanya pilih Number Analysis Tool



4. Kemudian pilih IMEI number analysis




5. Kemudian masukkan 16 digit imei pada bagian Enter IMEI number below



6. Klik analyse




Ponsel anda akan dianalisis oleh sistem merupakan IMEI asli atau tidak. Bagi anda yang sering jual beli online sebelum mebeli barang tak ada salahnya jika anda cek dulu IMEI nya agar tidak tertipu barang ilegal.

0 komentar:

Posting Komentar